MINUMAN SEHAT UNTUK IBU HAMIL

Minuman Sehat


Kelihatannya sepele. Tapi, ibu hamil memang tidak boleh minum sembarangan.

Minuman bisa jadi masalah jika Anda tidak cermat memilihnya. Karena, kesehatan Anda dan janin yang jadi “taruhannya”. Makanya, teliti sebelum menentukan pilihan.

Apa saja yang boleh?

Sebetulnya, ada 4 jenis minuman yang oke untuk ibu hamil. Ke-4 jenis minuman itu adalah:

Air putih . Seberapa banyak pun air putih yang diminum tidak akan berakibat buruk bagi kesehatan Anda. Bahkan, air putih sangat sehat bagi tubuh, yakni memperlancar aliran darah. Jadi, minumlah 2 liter air putih yang setara dengan 8 gelas setiap harinya.

Susu . Mimunan ini merupakan sumber kalsium dan vitamin D terbaik, apalagi bagi janin yang memerlukan kalsium untuk pertumbuhan tulangnya. Mengingat kebutuhan kalsium meningkat selama hamil, sebaiknya Anda mengonsumsi susu sekitar 2 gelas setiap harinya. Pilihlah susu khusus untuk ibu hamil, karena telah diperkaya dengan berbagai vitamin dan mineral, seperti asam folat.

Jus buah . Satu gelas jus buah dalam sehari bisa menjadi cara yang terbaik untuk mendapat vitamin. Meski begitu, jangan mementingkan minum jus ketimbang air putih atau tidak mengonsumsi vitamin yang diberikan oleh dokter Anda. Karena, bisa jadi vitamin dari buah dan sayur yang Anda konsumsi tidak mencukupi kebutuhan tubuh Anda.

Sport drink . Minuman ini berfungsi menggantikan zat elektrolit yang hilang ketika tubuh berkeringat. Jadi, jika Anda aktif, sport drink memang bisa jadi pilihan. Tapi, kalau Anda tidak banyak bergerak, minuman ini tidak diperlukan. Minum air putih saja sudah cukup. Ingat, sport drink sama sekali bukan pengganti air putih dan biasanya mengandung zat pengawet yang justru kurang baik bagi kesehatan. Sebaiknya, Anda berkonsultasi dulu dengan dokter Anda.

Ini yang perlu dihindari

Terlalu banyak mengonsumsi kafein yang terkandung dalam kopi, teh, softdrink , dan cokelat, tidak baik bagi kehamilan. Terlalu banyak mengonsumsi kafein dikhawatirkan menyebabkan keguguran di trimester pertama, atau bayi lahir dengan berat badan rendah. Itu sebabnya, dosis minuman berkafein yang dianjurkan saat hamil adalah tidak lebih dari satu cangkir sehari.

Minuman yang sama sekali tidak boleh dikonsumsi ketika hamil adalah alkohol. Dalam situs http://www.pregnancytoday.com disebutkan, mengonsumsi alkohol setiap hari berakibat cukup fatal. Anda berisiko melahirkan bayi dengan keterbelakangan mental, kelainan sistem saraf pusat, atau lahir meninggal! Minum alkohol sesekali pun dapat menyebabkan keguguran dan bayi lahir dengan berat badan rendah. Jadi, hindari bir, wine, dan minuman beralkohol lainnya.

Laila Andaryani Hadis

Konsultasi ilmiah: dr. Pauline Endang, Sp.Gizi, Bagian Gizi – RS Fatmawati, Jakarta.

Untung Buat Si Janin

Apapun yang masuk ke dalam lambung akan diserap ke dalam aliran darah dan dikirim ke seluruh tubuh, termasuk plasenta yang bertugas mengirim makanan ke janin. Bila Anda minum air, misalnya, janin juga akan minum sebanyak yang Anda minum. Begitu pula kalau Anda minum sesuatu yang manis, kadar gula darah si kecil akan ikut-ikutan naik.

Mitos Vs Kenyataannya

Mitos: Jangan minum air es sebab bayi akan gemuk nantinya

Kenyataannya: Air es tidak mengandung kalori atau karbohidrat, jadi tak menyebabkan gemuk. Jika minum air es dicampur sirup, barulah Anda berisiko kegemukan dan melahirkan bayi gemuk. Bukankah sirup mengandung gula?

Mitos: Minum rebusan kacang hijau agar rambut bayi lebat

Kenyataannya: Ini bukan mitos, karena kandungan protein pada kacang hijau memang cukup tinggi, dan protein diperlukan untuk pertumbuhan rambut.

Mitos: Persalinan bisa lancar kalau minum minyak goreng

Kenyataannya: Hingga kini belum ada penelitian yang membuktikan hal itu.

71 thoughts on “MINUMAN SEHAT UNTUK IBU HAMIL

  1. Apa boleh ibu hamil minum seperti yakul, makan ringan seperti chitato, keju, kuah empek-empek dan mie instant. suami saya sering larang, tapi karena saya ingin juga saya konsumsi juga tapi sedikit. mohon feedbacknya. thx

    • buat mbak Nadya, maaf baru balas… mengkonsumsi yakult atau keju tidak apa-apa, tapi untuk makanan yg mengandung banyak Msg/penyedap dan penguat rasa sebaiknya dihindari karena jika kebanyakan akan berpengaruh pada kesehatan janin….

  2. sy hamil anak kedua mengalami mual dan yang paling parah hiper saliva. padahal sy harus ngajar setiap hari, karena hipersaliva itu saya jd irit bicara karena dalam hitungan beberapa detik sj saliva sudah menggumpal ada solusi ?

    • mbak Rini selamat atas kehamilan anak yg kedua, untuk masalah hipersaliva juga pernah saya alami tetapi tidak terlalu parah..hanya karena saya menahan rasa mual jadi air ludah semakin banyak, untuk solusinya saya biasa makan permen rasa jahe atau permen rasa buah, banyak, banyaklah menkonsumsi buah yang segar/jus buah, hindari makanan yang merangsang ludah seperti terlalu pedas dan terlalu asin. Solusi yang kedua sering berkumur dengan air hangat. Dan solusi yang ketiga selama kehamilan periksa rutin kesehatan gigi, karena problem mulut dan gigi juga bisa menjadi penyebabnya. Selamat mencoba, smoga masalah mbak Rini segera dapat teratasi

  3. makasih buat infonya… sejak saya hamil metabolisme saya jadi terganggu, sehingga sering terjadi susah BAB. Untuk mengatasinya saya minum yakult, alhasil BAB lancar. Apakah ga masalah, krn saya konsumsinya 1/hari?

  4. Dear mbak nadya.
    Mba aku lagi hamil anak ke dua nih mbak.baru masuk 3 bln.hhehehe
    mba mau nanya dong. aku merasa sakit gigi setiap hari.padahal gigiku yang sakit ga ada masalah(gigi berlobang)
    apa itu bawaan dari si baby?
    waktu anakku pertama ga ada gejala seperti itu.tolong di jawab ya mba. thks

  5. Maaf Bu deokter mau tanya.

    1. Apakah Sangobion bagus buat Ibu hamil,? Bagaimana jika dikonsumsi secara rutin ?
    2. Selama ini saya dikasih vit dari dokter, namanya OBIPLUS. Tapi sekarang habis. usia kandungan Saya kur lebih 2,2 bulan. Apa boleh Saya beli OBIPLUS lagi ke apotik, karena Saya belum sempat ke dokter lagi.
    dan yang ke,
    3. Apa boleh Saya mengkonsumsi susu rasa cokelat, susu Lactamil rasa cokelat, krn mnurut Dokter di RS Harapan, hindari rasa cokelat.
    terimakasih banyak Bu Bidan/ Bu Dokter , atas jawabannya

  6. Istriku gi hamil muda nih…tapi g tahu kenapa, seluruh tubuhnya gatal-gatal, kata dokter gpp, tapi aku kasihan ma istriku….ada yang bisa bantu g? thank’s

  7. Saya m’bak siti!
    Saya ingin tanya, apa salah ibu hamil muda meminum susu prenagen mesis yang coklat? karena dari dulu saya suka yg berbaur kecoklatan dan tidak suka yang namanya Susu Instan!dan saya pernah keguguran dimana masa usia kehamilan saya baru 1 1/2 bulan,itu terjadi dibulan februari kemarin thn 2009. dan saya bulan ini sudah hamil kembali dgn usia kehamilan 1 bulan. Nah…saya tanya kembali disaat saya ntar waktunya dah tiba untuk melahirkan, apakah mengakibatkan fatal bagi saya dan bayi saya nantinya? menyangkut dgn pernahnya saya keguguran dan waktu itu saya tidak dikerok pakai alat, tapi hanya pakai jari tangan. Saya minta pejelasannay m’bak? Terima kasih

  8. sy sedang hamil 6 bulan, anak pertama. 1 x sy coba gugurkan kandungan saat usia kandungan 3 bulan tp ternyata gagal. apa efek dari perbuatan sy ini? skrg sy sedang mencoba segala cara agar tidak terjadi apa2 dgn si bayi saat lahir nanti…

    • lebih baik konsultasi sama dokter kandungan saja mbak begitu saran saya, dan perlu diperiksa kondisi janin

  9. Mbak-mbak sekalian yang berpengalaman, saya mau tanya. Begini loh, istri saya lagi hamil 5 minggu n sekarang perutnya agak ngilu-ngilu. kira-kira ada apa gerangan dengan si jabang bayiku? Sebelumnya makasih dulu atas informasinya ya!

    • sy kira itu wajar kok, krn pd usia sekitar itu produksi asam ktny byk itu dr artikel yg sy bc. Dulu sy jg ngerasakan panas perutnya disaat usia khamilan trimester pertama.Skrg krn usia khamilan dah 8 bln sdh tidak terasa lg kok, sy kira bgtu.

  10. Numpang nanya nich, istri sy sdg hamil 1,5 bln sering merasakan perih di perut Y, apakh it normal, apa pnyebabY, n bgmn mengatasiY?

    • saya jg pernah begitu so g perlu khawatir, makan buah sawo 1kilo dlm sehari n minum madu 3x sehari. pasti ibu dan anak baik2 saja, skrng sy uda 12minggu mengandung n slalu mkn buah sawo n minum madu. tetep smngat ya..

  11. Ibu,saya hamil 3 bulan ini merupakan hamil pertama saya. Sampai sekarang tidak mengalami hal-hal yang macem2 seperti mual, muntah dll bahkan nafsu makan tidak berhenti. Aktfitas sehari2 juga tetap. Masalahnya makanan dan minuman apa saja masuk dalam perut saya,tidak hanya cola2 zero kesukaan saya tapi asem2 dan pedas yg selumnya saya hindari jadi ikut masuk, tentunya ta ketinggalan juga dg susu hamil. Bagaimana ini ibu? Normalkah? Oiya,badan saya juga tetap sulit gemuk.

  12. iya mba, saya juga mw tanya,
    # banyak mengkonsumsi coklat tidak dianjurkan ya untuk ibu hamil?
    tapi saya pernah dengar dari seorang dokter, katanya coklat baik untuk janin karena janin lebih mudah menyerap makan yang manis dan baik untuk perkembangannya, bagaimana tu mba?
    # apa benar “baso” bisa membuat janin besar di dalam kandungan?
    mohon jawabannya ya..
    thx

  13. Sy ta2,lg hml 4mgu ank yg kedua. Sy pgn anak saya kelak perempuan, ada yg bs ksh solusi? (tp seandainya cowokpun akn km trm dg sng hati,bwt tmn jagoanku yg pertama :D )

  14. mau nanya mbak, kalo wanita hamil boleh nggak mengkonsumsi minuman seperti sprite dan coca cola? apa pengaruhnya pada janin? trims

  15. bngung mslh ibu hml ga blh mnum air es nich,,,,
    setau q sich ga knp2,aslkan ga pke sirup… tp si ayah bwl bgt,, kt’a te2p ga blh

  16. Slamat buat para ibu yg hamil,hamil itu anugrah yg trindah,jd jgn buat beban para bumil,tetap smangat apapun yg tjd.smua yg qt lakukan tuk sicabang bayi,jd hrs ekstra hati2.smoga allah mberi klancaran n sukses.amiiin

  17. Makasih atas infonya yg sangat bermanfaat bagi saya yang hamil sdh 7 minggu, kiranya artikel2 ini banyak yang tahu khususnya ibu hamil agar mereka dapat mengerti kondisi mereka disaat hamil.

  18. Makasih atas infonya yg sangat bermanfaat bagi saya yang hamil sdh 7 minggu, kiranya artikel2 ini banyak yang tahu khususnya ibu hamil agar mereka dapat mengerti kondisi mereka disaat hamil. Terimakasih

  19. salam kenal

    oh ya aku baru 5 bln nikah istriku sudah mengandung jalan 4 bln, tapi perutnya suka keram terus sering undut endutan padahal umur baru jalan 4 bulan itu knapa ya

    thx regard

    Mulky Muhyi

  20. saya hamil 3bln,kenapa pd tri semester pertama saya gx bisa konsumsi susu hsmil,,setiap kali hbs minum susu pasti muntah,boleh tidak jika say mencoba konsumsi vitamin seperti sakatonik,atau sejenis supleman penambah dara lainnya

  21. mau nanya…
    khmilan saya dah berumur 4 bln
    saya seorang pekerja,
    klo sy sering berjln kaki perut saya sk keram knp yah…..??
    krn tuntutan kerja saya kbh byk jln kaki dr pd duduk.
    aolusi nya gmn biar,perit ki gk mdh keram.
    trm ksh y…

  22. websait atau informasi yg anda sajikan sangat membantu makasih yah
    boleh nda bertanya lg bagaimana she cara menghadapi bagi ibu yg sedan hamil tp dia elergi ikan fetsin bakso n pokoknya makanan selain tempe n tahu n sayur tolong infonx

  23. assalamualaikum… mf mau tanya saya kadang agak mual tapi kadang bisa makan kalo lagi kepengen,, bagaimana caranya supaya mual itu hilang…?
    kalo periksa ke dokter harus berapa kali ya? mksh sblmny…

  24. Muda2hn ibu2 yg lagi hamil..sabar y ngadapin khmln ny kyk muntah,pusing,mual..sy jg hamil anak prtama sring muntah berat bdan turun

  25. oya gimana sich caranya mengatasi mitos2 yang telah tersebar luas di masyarakat???karena klo kita mau gak percaya kadang2 itu juga trbukti,,,

    • klo menurut saya, hal yang positif mari kita sebarkan, klo mitos itu terbukti mungkin itu kebetulan saja dan terlalu sugesti, jadi sebaiknya ibu hamil berpikir positif dan optimis, karena hal itu juga mempengaruhi kondisi janin

    • boleh saja asal jangan berlebihan dan es btu bukan dari air mentah da gula bukan pemanis buatan, sebaiknya konsumsi gula jangan berlebihan

  26. sy baru hamil pertam usia kehamilan sy sudah masuk 3bulan, sy jd sgt khawtir dgn semua makanan dan minuman kana kakak sy bilang klo lagi hamil jgn mkn dan minum sembarangan sdangkan sy suka bgt dgn kopi susu ato es caffucino itu gmn ya kalo minum pocarisweat blh ga yks

    • @ bunga : kalau menurut saya, jika merasa khawatir lebih baik dihindari, karena rasa khawatir dan tidak nyaman akan menggagu kondisi janin

  27. Trima kasih infonya.Sangat berguna buat sy yg baru saja mendapat kabar baik ada si calon bayi dalam perutku.

  28. sy sdg hamil ank pertama dgn usia kndungan 8bln,belakangan ini sy sering mengalami rs cemas,khaawatir n tkt Yg berlebihn.kr2 gejala ap y?trimakasih u jwbna

  29. Kak.. mau tanya kalo ibu hamil TM 2 mengkonsumsi kopi dampaknya apa bagi sii ibu dAN janinnya?
    terus kalo ibu yang udah biasa minum kopi yang di perbolehkan sehari berapa sendok kak?
    terima kasih …
    di tunggu ya kak jawabanya.

  30. saya kalo masak suka pake bahan msg mba..apakah bahan tersebut berpengaruh bgt dgn perkembangan janin saya.?

    trima kasih.

  31. bener nggak kalau kita yang masih muda dan belum menikah apalagi hamil, kalau mau nambah berat badan atau biar tambah gemuk bisa minum susu ibu hamil, apa gak ada efek sampingnya lalu gimana dengan kandungan pada susu itu berbahaya nggak??? mohon dijawab. terimakasih

  32. Wah… Trmksh bnyk ya admin atas informasi nya jdi bnyk tau deh ttang fakta dan mitos dlm mnjlni khamilan. Mklum bru prtam x hamil.. Hehe jd harus bnyk cri tau deh.. Agar khamilan sehat dan lancar

  33. aku lagi hamil muda nih mba , tapi kenapa yah kalo sama nasi malah gabisa masuk ke perut? Pasti dimuntahin lagi . Trs kalo minum yogurt gitu masih boleh engga ya mba? Aku suka banget itu,kadang saking pengennya sampe lupa kalo lg isi … Info nya yaaa yg udah pengalaman . Thx :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s