RSS

Arti Sebuah Kemerdekaan…..

20 Aug

Konon kabarnya …kocap kacaritane saking sejarah….negara kita merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945. Kemerdekaan bangsa kita dapat diraih dengan perjuangan yang sangat panjang dan lama, mengorbankan ribuan nyawa, harta benda, dan ber juta liter tetesan darah air mata…….ya Allah……Betapa besar ya perjuangan pahlawan-pahlawan kita, sampai nyawa, harta, sanak-saudara tidak mereka pedulikan , hanya untuk meraih kemerdekaan ini…..duh…duh…rasanya tidak dapat dinilai betapa besar pengorbanannya….

Ternyata harga sebuah kemerdekaan itu sangatlah mahal, padahal kemerdekaan itu hak semua orang, hak asasi semua bangsa, kalau kita tidak merdeka , kita tidak bisa berbuat apa-apa, coba kita simak dalam pembukaan UUD 45…..

Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu,
maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan
perikemanusiaan dan perikeadilan.

Nah benarkan…trus penjajahan itu benar-benar melanggar hak asasi manusia…kita harus bersyukur sudah memasuki alam merdeka…tapi benarkah kita sudah benar- benar merdeka, memang sih saat ini sudah tidak ada perang lagi, saat ini sudah tidak ada yang memegang senapan dan bambu runcing, sembunyi-sembunyi bergerilya….Tugas kita saat ini yg terpenting yaitu mempertahankan kemerdekaan kita, mengisinya dengan kegiatan yang positif yang akan mewujudkan cita-cita luhur bangsa kita… Jadi selama ini cita-cita bangsa belum terwujud donk..?!@# Yup bener ….kemerdekaan khan hanya jembatan emas menuju cita- cita bangsa….coba simak lagi pembukaan UUD 45 kita….

Dan perjuangan kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia
dengan selamat sentausa mengantarkan rakyat Indonesia  ke depan pintu gerbang
kemerdekaan negara Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.
Atas berkat rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan
luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia
menyatakan dengan ini kemerdekaannya.

Kemudian daripada  itu untuk membentuk suatu Pemerintah negara Indonesia yang
melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk
memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut
melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan
keadilan sosial, maka disusunlah Kemerdekaan Kebangsaan Indonesia itu dalam
suatu Undang-undang Dasar negara Indonesia , yang terbentuk dalam satu susunan
negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada :
Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradab, Persatuan Indonesia,
dan Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam
permusyawaratan/perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu Keadilan sosial bagi
seluruh rakyat Indonesia .

Bener to kalo cita-cita luhur bangsa kita belum terwujud, lha lihat saja kemiskinan, kelaparan, penindasan, ketidak adilan, korupsi dsb…masih bercokol di negeri ini dan masih dibudidayakan di masyarakat kita…bagaimana cita-cita bangsa akan terwujud bila manusia-manusianya tidak berjiwa merdeka…tapi masih berjiwa budak….iya memang bukankah kita masih diperbudak oleh kapitalisme..diperbudak oleh budaya -budaya barat,diperbudak oleh kepentingan-kepentingan pribadi tanpa mengindahkan nilai2 moral…..( loh kok jadi emosi..).

Yang patut kita ketahui, kenapa dulu kita bisa merdeka? padahal kita cuma bersenjatakan bambu runcing, dan bermodalkan semangat, dan musuh-musuh bangsa kita pada saat itu bersenjatakan bedil, meriam ( bukan meriam belina lho….), bom, ranjau dsb. ya karena pahlawan-pahlawan kita dulu berjiwa merdeka, orang yang berani prihatin,mereka adalah orang-orang yang bertirakat (orang yang dekat dengan Yang Esa)..maka segala perjuangan beliau2 itu pastilah diridhai Allah.

Saat ini istilah memperingati hari kemerdekaan identik dengan malam Tirakatan 17 Agustus…..dan kelihatannya mubadzir kalau peringatan 17-an hanya diiisi dengan lomba-lomba yg meriah, makan tumpeng dan lauk-pauknya( padahal di jauh sana masih banyak saudara kita yg kelaparan) tanpa kita memahami arti sebuah kemerdekan itu … Rasanya belum bisa disebut merdeka kalau kita masih diperbudak harta benda, dan bahkan menggadaikan bangsa negara kita dan aqidah kita….weleh..weleh…

Untuk itu..marilah saudaraku..kita bersama-sama memerdekankan diri kita…dengan tidak bergantung dengan yang lain dan hanya hanya bergantung pada Allah semata..jadilah kita anak negeri yang mandiri….dan jauhkan diri dari budaya-budaya barat yang menyesatkan….biarkan orang bilang kita katrok…yang penting punya harga diri dan berprestasi…..

(sekian sambutan dalam acara 17-an kali ini….he..he…..gedubrak….krompyang )…..ngelindur pidato ya..he.he…

 
Leave a comment

Posted by on 20 August 2007 in LENTERA HATI

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: