RSS

Lezatnya Makanan Sehat…..

18 May


Makan merupakan kebutuhan pokok bagi semua manusia. Dengan makan manusia menjaga kelangsungan hidupnya. Selain itu tubuh manusia tersusun atas jutaan sel-sel. Fungsi dari makanan adalah mensuplai zat-zat yang diperlukan sel-sel untuk pertumbuhan badan dan memberikan tenaga untuk beraktivitas. Apabila asupan sari pati makanan yang dibutuhkan oleh tubuh berkurang atau tidak mencukupi maka sel-sel penyusun tubuh akan cepat rusak.
Oleh karena itu betapa pentingnya makanan bagi tubuh manusia, makanan yang di butuhkan tentunya makanan yang sehat dan bergizi, tidak hanya lezat saja tapi juga sehat. Makanan lezat belum tentu sehat dan makanan bergizi tidak harus mahal.

Syarat Makanan Sehat
1. Makanan itu harus Halal dan Thoyib
Halal dari segi zat dan cara mendapatkannya
Thoyib artinya baik dari segi zat atau unsur-unsurnya

2. Bergizi dan mengandung unsur komponen lengkap
Makanan yang mengandung nilai gizi adalah makanan mengandung zat tenaga, zat pembangun, dan zat pengatur sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Zat tenaga : dapat ditemukan pada karbohidrat dan lemak. Makanan yang mengandung Karbohidrat diantaranya : Beras, Jagung, gandum, Ubi-Ubian

Zat pembangun bersumber pada protein. Protein ada 2 jenisnya yaitu
Sumber protein hewani seperti daging, ikan, ayam, hati, telur, susu, dan lain-lain
Sumber protein nabati: tempe, tahu, kacang-kacangan dsb.

Zat pengatur bersumber pada vitamin dan mineral. Sumber vitamin dan mineral banyak terdapat pada sayuran dan buah-buahan. Vitamin yang baik adalah vitamin yang kita dapatkan langsung dari konsumsi buah dan sayur. Lebih baik hindari Vitamin berbentuk Suplemen apabila tidak benar-benar diperlukan.

3. Makanan tidak mengandung Toksik atau Racun
Makanan yang kita konsumsi hendaknya bebas dari racun. Racun dalam makanan biasanya berasal zat-zat aditif yang berbahaya bagi tubuh, dari kemasan makanan, atau makanan yang sudah kadaluarsa.

Bersumber dari Islam-download.net. Zat aditif makanan dapat dikelompokkan menjadi dua golongan, yaitu:

1. zat aditif yang berasal dari sumber alami
2. zat aditif sintetik dari bahan kimia yang memiliki sifat serupa dengan bahan alami yang sejenis, baik susunan kimia maupun sifat/fungsinya.

Fungsi dari Zat aditif adalah memperbaiki tampilan makanan, meningkatkan cita rasa, memperkaya kandungan gizi, menjaga makanan agar tidak cepat busuk, dll
Berdasarkan fungsinya, baik alami maupun sintetik, zat aditif dapat dikelompokkan sebagai zat pewarna, pemanis, pengawet, dan penyedap rasa. Zat aditif dalam produk makanan biasanya dicantumkan pada kemasannya. Oleh karena itu hindari pemakaian zat aditif yang berbahaya bagi tubuh seperti Pewarna Tekstil, Pemakaian Pemanis buatan yang diluar ambang batas, Pemakaian pengawet yang berbahaya seperti Borak dan Formalin, dan pemakaian penyedap makanan secara berlebihan.

Racun dari bahan kemasan.
Hindari pemakaian plastik kresek beerwarna untuk mengemas makanan.
Hindari pemakaian kertas koran untuk membukus makanan.

Tips Agar masakan lezat tanpa penyedap
Setiap memasak tambahkan gula pasir secukupnya, gunakan kaldu asli dari daging.
Tambahkan sedikit garam dalam pembuatan kue agar muncul citarasa gurih.
Penggunaan rempah-rempah tertentu seperti daun salam juga dapat menabah cita rasa gurih dalam masakan.

Tips kemasan aman untuk makanan
Gunakan wadah dari kaca, atau logam seperti stainless atau aluminium, untuk makanan yg bersifat asam jangan gunakan aluminum tapi gunakan dari bahan stainless atau dari tanah liat.
Hindari mengemas makanan yang masih panas dengan plastik. Gunakan wadah plastik atau melamin yang bersertifikat untuk makanan (food grade). Perbarui perlatan makan dari plastik jika sudah berwarna kusam dan lecet.
Gunakan kertas pembungkus khusus untuk makanan.

“Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat, makan untuk hidup bukan hidup untuk makan” Mari kita cintai masakan sehat masakan yang alami dan syarat gizi, Semoga bermanfaat.

 
Leave a comment

Posted by on 18 May 2011 in CAKRAWALA

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: