RSS

Menunggu, mengawasi….(ujian)

15 Nov

Duduk, diam, menunggu terkadang menjadi kegiatan yang yang agak membosankan, tapi bagaimana lagi jika itu adalah tugas yang harus dilakukan. Tugas…????? maksudnya??? ya menjadi tugas karena harus melakukan aktivitas mengawasi ujian. Menjaga atau mengawasi pelaksanaan ujian itu membuat jemu karena duduk atau diam dalam waktu yang lama , dan sedikit mengantuk.

Akan tetapi tak selamanya mengawasi ujian itu menjemukan atau membuat bosan. Hal yang menyenangkan menjadi pengawas adalah bertemu banyak mahasiswa, disitu saya belajar memahami berbagai karakter dan sifat atau sikap manusia yang berasal dari beberapa daerah. Mungkin hal tersebut juga membantu saya sebagai orang yang bekerja melayani banyak orang. Setelah saya jalani tugas tersebut, mengamati orang ternyata sedikit mengasyikkan, melihat gerak-gerik orang, dan tingkah polahnya terutama menguji sikap atau sifat jujur seseorang.

Hmmmm..bukannya sok menjadi orang yang sok tahu tentang ilmu membaca gerak-gerik orang lho. Ternyata orang yang tidak jujur bisa dibaca lewat bahasa tubuh, dan tatapan mata. Nah, berikut ciri-ciri yang suka nyontek, atau berusaha cari contekan :
1. Suka kasak-kusuk, tidak tenang duduknya tidak nyaman.
2. tatapan matanya menuju ke arah bangku depannya atau samping kanan kiri kali2 bisa lihat jawaban teman.
3. Badan agak condong ke depan membisikkan sesuatu ke teman depannya. Trus biasanya reaksi teman depannya segera memberi jawaban dg agak sedikit mengangkat kertas lembar jawabnya. ( weh rugi amat ngasih tau ma orang yg ga mau belajar).
4. Badan senderan dikursi sambil tangan ke belakang kasih kode lewat jari ke teman. Trus biasanya teman belakangnya duduk agak condong ke depan membisikkan sesuatu.
5. Pandangan ke bawah ( bukan nyari duit jatuh lho) tapi mengintip catatan yang sengaja ditaruh di bawah kursi.
6. Pinjem-pinjem tip-ex sambil main mata dan kasih kode ke teman.
7. Pandangan kearah tembok, karena nulis prasasti contekan disitu atau menulis contekan diatas meja/kursi.
8. Dan yang paling parah bawa contekan lengkap dengan kertas yang berisi catatan/ringkasan mata kuliah ditulis kecil-kecil.

Hmmmmmm….sebagian tanda2/ciri2 orang yang berusaha berbuat tidak jujur. wah mau dibawa kemana bangsa ini kelak klo generasi mudanya hobi plagiat, atau suka berbuat tidak jujur. Memang tidak semuanya begitu, semoga yang suka nyontek atau berbuat tidak jujur segera sadar dari mimpinya dan kembali ke jalan yang benar. Ok, tetep semangat………..

***********************Kejujuran adalah nilai kita sebenarnya****************************

 
Leave a comment

Posted by on 15 November 2011 in PERSONAL

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: