RSS

Hemat Kantong Plastik : Bukti Cintaku pada Bumi…..

11 Apr

Dimana-mana ada plastik….itulah kenyataan saat ini. Kemasan praktis untuk membungkus berbagai macam barang, makanan,minuman, belanjaan, dsb. Plastik mulai populer digunakan sejak awal abad ke-20 Padahal sampah dari bahan plastik itu susah terurai oleh microorganisme, sampah plastik membutuhkan ratusan tahun untuk terurai. Jika dalam kehidupan kita selalu menggunakan plastik, da membuangnya begitu saja, tidak terbayang berapa banyak sampah plastik yang akan kita hasilkan. Apa iya kita akan tenggelam oleh tumpukan sampah plastik yang kian hari kian bertambah, seiring bertambahnya populasi di bumi ini.

Sampah plastik yang kita hasilkan selama ini akan berdampak negatif pada kelestarian lingkungan kita. Sampah plastik dapat mencemari tanah, air dan udara, bahkan mencemari tubuh kita. Seperti yang kita ketahui, plastik itu terbuat dari mineral alam yang tidak mudah terbarukan. Nah, jika penggunaan plastik tidak dibatasi akan berakibat terukrasnya sumberdaya alam, belum lagi kerusakan lingkungan seperti banjir akibat tumpukan sampah di sungai dan got, racun dari plastik akan meracuni hewan, tanaman, dan bahkan manusia, tentu masih ingat kasusu kematian hewan di kebun binatang Surabaya karena menelan sampah plastik, gas dari hasil pembakaran plastik meracuni udara.

Sudah tahukan betapa besar dampak yang ditimbulkan oleh sampah plastik, untuk itu ayo sobat …buktikan merahmu ( iklan….) maksudnya buktikan cintamu pada bumi kita…..bukankah bumi ini tidak hanya kita tinggali saja..tapi akan kita wariskan kepada anak cucu kita kelak, kasihan dong anak cucu kita jika diwarisi bumi yang kotor, bumi yang rusak, bumi yang tandus dan tercemar. Terus kita harus bagaimana???? Gak mungkin khan kita lenyapkan plastik dari muka bumi ini,Nah kita pake jurusnya Aa Gym, yaitu jurus 3 M, yaitu : Mulai dari diri sendiri, mulai dari hal kecil, mulai dari sekarang. Ok lets Go…..!!!! hal yang kita lakukan adalah :

1. Menggunakan kembali kantong plastik ( Reuse), Usahakan kemanapun sobat pergi, di tas jangan lupa sediakan kantong plastik, tentu saja kantong plastik bekas belanjaan, trus buat apa?? nah disaat sobat belanja atau beli sesuatu tidak perlu minta plastik yang baru, pakai plastik yang sudah sobat bawa, usahakan setiap akan belanja gunakan plastik/tas sendiri, dengan demikian akan mengurangi penggunaan plastik.

2. Mengurangi Penggunaan Kantong Plastik ( Reduce). NAh sobat bisa beralih dengan menggunakan tas kain….khan bisa digunakan berulang-ulang.

3. Mendaur Ulang Plastik ( Recycle). Sampah-sampah plastik yang tidak dipakai lagi, bisa lho didaur ulang menjadi bahan yang bermanfaat, bahkan bernilai seni. bisa dibuat tas, ember, kerangjang, gantungan kunci, payung, sandal, dan masih banyak lagi. Jika sobat tidak bisa membuatnya, yang perlu dilakukan adalah memilah sampah menurut jenisnya. Sampah plastik dikumpulkan jadi satu, sampah organik disendirikan bisa dibuat kompos, dan sampah dari bahan kertas juga disendirikan, kemudian kita kumpulkan ke pengepul sampah…..dengan demikan sampah akan terkelola dengan baik, sampah tidak akan menimbulkan masalah, tapi bernilai berkah. Dan Bumi akan selalu tersenyum untuk kita……….😉🙂

 
Leave a comment

Posted by on 11 April 2012 in CAKRAWALA, PERSONAL

 

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: