RSS

PEREMPUAN-PEREMPUAN : SEBUAH PERJUANGAN PEREMPUAN SEPANJANG ZAMAN

21 Apr

Refleksi Kartini :
Perempuan menjadi pendukung peradaban bukan karena perempuan yang dianggap cakap untuk itu, karena dari perempuan mungkin akan timbul pengaruh besar, yang baik atau buruk akan berakibat besar pada kehidupan.
Perempuanlah yang paling banyak memabntu meninggikan kadar kesusilaan manusia. Dari perempuanlah manusia itu pertama-tama menerima pendidikan. Dipangkuan seorang perempuanlah seseorang mulai belajar merasa, berpikir, dan berkata-kata. Dan Bagaimana perempuan dapat mendidik anaknya jika Ia tidak berpendidikan

****

Dalam pendidikan kecerdasan otak saja tidak berarti segala-galanya. Harus ada kecerdasan lain yang lebih tinggi yang erat hubungannya dengan yang lain untuk mengantarkan orang ke arah yang ditujunya. disamping otak, hati juga harus dibimbing. Kalau tidak demikian, peradaban hanya tinggal permukaan saja. Apabila seseorang berani memulai pasti banyak yang akan mengikuti. Sungguh suatu usaha tidak sia-sia. Kebeneran harus meresap ke dalam hati banyak orang. Orang itu wajib memandangnya sebagai kewajiban. Kewajiban yang membuat hidup menjadi indah, baik bagi orang lain atau diri sendiri. Sehingga melalui belajar diperhatikan pula pembentukan watak yang luhur.

Untuk mencapai kemuliaan itu memang memerlukan perjuangan, dan perjuangan tidak akan ada tanpa diiringi pengorbanan dengan bersedia memberikan diri sendiri. Bersedia menerima luka hati, air mata, darh, dan banyak lagi, dan itu tiada berarti apa-apa bagi sebuah perjuangan. Tidak ada cahaya yang tidak didahului gelap gulita.

..minazh-zhulumaati ilan-nuur” : “dari kegelapan-kegelapan (kekufuran) menuju cahaya (Islam)”.
( Q.S Al-BAqoroh :257)

( dari : PAnggil aku kartini saja karya Pramudya Ananta Toer )

 
Leave a comment

Posted by on 21 April 2012 in CAKRAWALA, LENTERA HATI, PERSONAL

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: