RSS

Pesona Pantai Wedi Ombo

04 Sep

Pantai Wedi Ombo adalah salah satu pantai berpasir putih di kabupaten Gunungkidul, pemandangan pantai sungguh menawan dan mempesona. Subhanallah sungguh indah ciptaan Allah. Alhamdulillah kesampaian juga akhirnya berkunjung ke pantai Wedi Ombo, sebelumnya memang  tidak direncanakan, karena bersilaturahmi ke rumah kerabat yang begitu jauh dari kota Jogja yaitu di daerah Tepus Gunungkidul, sayang jika tidak menyempatkan ke pantai Wedi Ombo. 

pemandangan sepanjang perjalanan

pemandangan gunung kapur sepanjang perjalanan

Pantai Wedi Ombo terletak di desa Jepitu, kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul. Jarak tempuh dari kota Yogyakarta kurang lebih 80 Km, sekitar 2 jam perjalanan. Jalanan cukup bagus dan mulus, lalulintas lancar, karena memang masih jarang kendaraan umum melintasi jalan menuju Pantai Wedi Ombo, Jika menggunakan angkutan umum akan sulit mendapatkannya untuk itu kita menggunakan kendaraan pribadi. Melintasi jalanan menuju pantai, mata dimanjakan dengan pemandangan indah, kanan kiri terbentang gunung-gunung kapur yang terukir indah. Jalanan berkelok-kelok, naik turun tapi tidak curam, angin berhembus sepoi-sepoi. Sesampai di pos penjagaan menuju pantai, membayar uang masuk Rp. 5000/ orang ditambah biaya parkir.

pemandangan ladang dan gunung kapur

pemandangan ladang dan gunung kapur

Akhirnya sampailah di pantai Wedi Ombo yang indah permai, karena letak pantai  sedikit ke bawah dari daratan, di area parkir sudah terlihat pantai yang begitu indah dengan hamparan pasir putih dan air laut yang kebiruan. Wah..sungguh memukau, subhanallah sungguh indah dan kagum ….pantai teluk yang diapit dua gunung karang. Ombaknya landai dan dipinggir pantai terdapat batu-batu karang, koral-koral, serta cangkang-cangkang hewan laut yang tertinggal, pantai pun masih bersih, air laut jernih dan belum tercemar. Banyak pemancing ikan, yang memancing diatas batu-batu karang besar. Perjalanan panjang dan melelahkan tertebus dengan pemandangan yang indah. Di sekitar pantai juga ada para penjaja makanan dan minuman, mulai dari parkir hingga setelah menuruni anak-anak tangga menuju pantai.  Mungkin kita akan sedikit lelah setelah menuruni anak tangga, tapi di dekat pantai kita bisa beristirahat sejenak, karena tersedia tempat duduk  di bawah pohon-pohon mangroove, jadi suasana pantai juga teduh, atau kita bisa duduk diwarung sambil minum atau makan.

pantai Wedi Ombo dari atas jalan

pantai Wedi Ombo dari atas jalan

Menyusuri pantai, kita memanjakan kaki  untuk menapaki hamparan pasir putih, sayang jika kita menggunakan sepatu atau alas kaki, oh ya jangan memakai sepatu yang ber hak tinggi, karena kaki kita pasti akan sakit jika menuruni anak tangga dari area parkir. Bermain air di pantai dengan ombak yang tidak besar sangat menyenangkan, tapi kita  juga tetap harus waspada dengan licinnya batu-batu karang yang membuat tergelincir, seperti saya..he..he basah semua baju🙂 :D….tapi tidak apalah…ada kamar mandi yang disediakan untuk membilas air laut dan pasir, dan sekalian berganti pakaian. Hmmmmm…sungguh menyenangkan, sungguh pantai yang eksotik sekali, sayang jika terlewatkan. Harapan saya semoga pantai ini tetap nyaman, indah dan bersih jauh dari tangan-tangan jahil, dan bisa dikelola lebih baik lagi. Kapan-kapan mampir ke sini lagi……

Selanjutnya setelah puas menikmati panorama pantai ini, kami pun melanjutkan perjalanan pulang menuju kota Jogjakarta, berhubung hari juga sudah menjelang sore, sebenarnya ingin melihat sunset juga disini, pasti indah sekali.

bergaya di pantai Wedi Ombo

sudut pantai Wedi Ombo

sudut pantai Wedi Ombo

 
1 Comment

Posted by on 4 September 2012 in PERSONAL

 

Tags: , , ,

One response to “Pesona Pantai Wedi Ombo

  1. bitebrands

    25 January 2014 at 7:51 AM

    pantai wediombo masih kliatan alami sist😉

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: