RSS

Satu senyum, sejuta salam dan kasih sayang…..

04 Oct

Jika kita bertemu dan berinteraksi dengan orang yang  menyakiti atau menzalimi kita, apa yang kita rasakan??? Jawaban pasti tidak enak, males bertemu, tidak mau menyapa, sakit hati, emosi, dan masih banyak lagi  perasaan yang tidak mengenakkan lainnya. Hal itu memang manusiawi, dan wajar kita sebagai manusia. Terlebih lagi orang-orang tersebut ada di sekitar kita…wah semakin gado-gado rasanya…dan bikin hati galau-galau Bandung   :((   . Trus bagaimana ….??? apa harus bilang WOW gitu….atau marah-marah ( melampiaskan emosi)  atau  malah misuh-misuh (jangan sampai deh..) ga karuan …..

Lanjut…., mari kita simak Firman Allah :

Jadilah pemaaf dan suruhlah orang mengerjakan yang makruf, serta jangan pedulikan orang-orang yang bodoh.
(QS. Al Qur’an, 7:199)

Hmmmm dari ayat tersebut Allah memerintahkan kita untuk menjadi  seorang yang pemaaf, dan mengajak  orang berbuat baik tak terkecuali orang yang telah menyakiti kita tadi, apabila dia mengabaikan berarti kita tida perlu mempedulikan dia lagi, karena kewajiban kita sudah kita laksanakan….bukankah  kewajiban seorang muslim harus saling  berwasiat pada kebenaran dan kesabaran??? Yang terpenting juga…( harus dicatat ) … jika orang menyakiti kita , alangkah lebih baik kita balas dengan kebaikan, loh kok????..iya karena hal itu lebih utama bagi seorang muslim sejati. Apabila kita balas kejahatan orang dengan perbuatan jahat, itu berarti kualitas kita sama dengan orang yg berbuat jahat tadi……betul nggak ??? ( cmiiw)

Ada Hadist yang menyatakan :

““Muslim sejati adalah yang tidak pernah menggunakan lisan dan tangannya untuk menyakiti sesama muslim.” (HR. Bukhori dan Muslim dari Abdullah bin Amr bin Ash, Riyadhus Sholihin No. 222)”

Berat memang, dan sungguh sulit kita lakukan…tapi itulah ujian kesabaran dari Allah untuk menguji kualitas keimanan kita. Dan apabila kita lulus dari ujian tersebut  berarrti kita naik kelas, dan diangkat derajat keimanannya oleh Allah. Dan tentu Allah selalu memberi kabar gembira  kepada orang yang sabar. Apabila kita sudah berbuat kebaikan dan orang yang menyakiti kita tidak sadar malah menjelek-jelekan kita  dibelakang??? bagaimana??….Tentu Allah bersama kita..sungguh Allah bersama kita, setiap kebaikan  yang kita lakukan pasti akan kembali kepada kita.

Berbuatlah kebajikan kepada orang yang layak menerimanya dan juga kepada orang yang tidak layak menerimanya; apabila kebajikanmu tepat mengenai orang yang layak menerimanya berarti engkau telah memberikannya kepada ahlinya, dan apabila kamu tidak mengenai orang yang layak menerimanya berarti kamu sendirilah yang menjadi ahlinya. (Riwayat al Khatib melalui Ibnu Umar ra) 

Justru sangat menyedihkan, jika ada orang yang tak terbuka dengan kebaikan orang lain, dengan cahaya kebenaran, dan perbuatan  yang merugikan dianggap benar dan wajar. Atau mungkin itu sudah gawan bayi??? yang jelas bukan, Setiap anak manusia yang dilahirkan ke dunia dala keadaan fitrah….tentu yang menjadikan orang-orang seperti itu adalah lingkungan yang telah membuat penyakit hati dan penyakit pada jiwanya. Na’udzubillah…  Sungguh indah orang mukmin itu jika ia ditimpa musibah ia bersabar dan jika dia bahagia dia bersyukur. Mari kita tetap berbuat baik pada orang lain, entah  orang itu baik pada kita, entah orang itu jahat kepada kita, Jika kita berbuat baik dengan orang yang baik dengan kita tentu akan semakin terjalin kasih sayang , apabila kita berbuat baik pada orang yg telah menyakiti kita semoga kita terhindar dari perbuatan jahilnya lagi, dan semoga kita mendapatkan ridha Nya.

Ada tips yang  bisa kita lakukan untuk menghilangkan sakit hati kita  ini tips dari sahabat saya…My beloved sister, Mbk Riri :)  yaitu tetap tersenyumlah….meskipun orang itu mencaci kita, menjelek-jelekan kita, dengan senyum emosi  jiwa kita akan mereda..dan melatih sabar, dan mari tebarkan salam  persaudaraan, apabila kita sudah melakukan  itu….tidak merubah sikap orang yang zalim atau berbuat jahat…sungguh orang tersebut sudah tidak waras tapi merasa  waras dan kebangeten X_X  Dengan Senyum dan salam, insyaallah kita menebar keselamatan dan kasih sayang, menjalin persaudaraan. Berat memang …tapi patut dan wajib untuk dicoba…siapa takut…mari kita menjadi pribadi berkualitas….🙂😉 [-O<

Sebuah renungan untuk diri sendiri, mari kita jadikan segalanya lebih baik

Hadist diambil dari : Penyejuk Qolbu

Spesial untuk Mbk Riri….terimakasih  atas  motivasi nya….

 
2 Comments

Posted by on 4 October 2012 in LENTERA HATI, PERSONAL

 

2 responses to “Satu senyum, sejuta salam dan kasih sayang…..

  1. Riri Chory

    4 October 2012 at 6:44 AM

    Alloh sangat mencintai orang-orang yang sabar, ikhlas, legowo dalam menghadapi berbagai macam pernak pernik kehidupan. kita harus selalu bersyukur apabila Alloh masih menberi ujian pada kita, apapun itu bentuk ujiannya karena semakin kita diberi banyak ujian keimanan dan ketaqwaan kita akan terus bertambah dan insyaalloh kita akan menjadi calon-calon ahli jannah……insyaalloh amiinnnnnnnn

    Buat diajeng Heny banyak-banyak beristighfar dan bersolawat yaaaa………….itu kunci untuk menenangkan hati disaat hati sedang 5G (gundah, gulana, gelisah, galau, gregetan)hehehe……good luck always for you

     
    • henydwi

      4 October 2012 at 6:53 AM

      terima kasih mbk yu…..and so do you

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: