RSS

Berpetualang Ke Gunung Nglanggeran ( Episode 2)

26 Mar

Oke temans, Kita sambung  cerita beberapa waktu lalu  tentang  petualangan di gunung Nglanggeran. Nah, saat mulai mendaki, kita berangkat per kelompok. kebetulan kelompok saya namanya kelompok Kudanil……dan icon kelompok  kami adalah Mr . Y yang gendut imut-imut…he.he..maaf  nggih pak……bercanda. Di sela sela pendakaian disisipi game-game dari pemandu, game tersebut bertujuan untuk  memupuk kekompakan kelompok, dan bagaimana masing-masing kelompok menghadapai atau memecahkan masalah secara bersama-sama. Gak terbayang capek dan ngos-ngosan kala itu, padahal baru di Pos I.

Nggaya di Song Gudel
                                                                         Nggaya di Song Gudel

Nah ini belum nyampe tempatnya dah poto-poto duluan. Pokoknya sayang beribu sayang kalau dilewatkan.  Menuju Pos I tenaga sudah sedikit terkuras, padahal perjalanan masih jauh, panjang dan melelahkan, weleh-weleh. OK break dulu lihat yang narsis-narsis dulu ya……..

narsis di sebalik song gudel

narsis di sebalik song gudel

Mirip apa ya????

Mirip apa ya????

Perjalanan akhirnya berlanjut, kita melewati lorong sempit yang hanya muat dilewati oleh satu orang, namanya Lorong Sumpit…( terbayang Sumpit buat makan Mie itu….) lorong yang panjang kurang lebih 30 meter diapit 2 baktu yang teramat besar…..wuah jadi inget cerita Kera Sakti yang dihimpit diantara dua batu…….hi..hi.hi.

Menuruni Lorong Sumpit

Menuruni Lorong Sumpit

dilorong sumpit

dilorong sumpit

HAbis gelap terbitlah terang

HAbis gelap terbitlah terang

Menuju Pos

Menuju Pos

Setelah melewati lorong sempit yang pengap, hmmm kembali kita disuguhi pemandangan yang menakjubkan, sejauh mata memandang, kita bisa melihat bukit Ngoro-Ngoro tempat Stasiun Pemancar Televisi menjulang dengan gagahnya, kita juga bisa melihat hamparan sawah hijau bak permadani, kita melihat tegalan atau ladang-ladang penduduk …..sungguh eksotis, dan Subhanallah tak lepas mulut ini berdecak kagum. Jalan setapak yang kami lalui tak bosan memberi suguhan alam yang begitu mempesona. Meskipun jalan sempit, terjal dan mendaki, hal itu tidak menyurutkan semangat kami untuk segera sampai di puncak gunung. Terkadang haus dan lapar melilit perut…..tapi kalau kebanyakan istirahat  nggak sampai-sampai, semakin ke atas  jalan semakin terjal..harus hati-hati karena jalanan licin sehabis hujan semalam, dan benar saja saya sempat terpeleset….. 😦

Nun jauh....... Bukit Ngoro-Ngoro

Nun jauh……. Bukit Ngoro-Ngoro

Tak terasa hari menjelang Dhuhur, matahari mulai menyengat, perut mulai tidak bisa diajak kompromi, puncak tinggal sebentar lagi, tapi masih ada perjalanan menuruni  gunung, baru bisa melepas lelah dan makan siang. Mendekati puncak gunung, kita disuguhi  jalan dengan kemiringan 45 derajat, wah..wah naiknya pun padat merayap, dgn bantuang tangga-tangga kayu darurat…..

Menuju Puncak

Menuju Puncak

Tapi usaha mencapai puncak tidaklah sia-sia, semua kelelahan terbayarkan dengan pemandangan yang indah menakjubkan, pemandangan yang mempesona dan membuat saya terkagum-kagum……saatnya beraksi di puncak…he..he..he..heh…..

Slonjor melepas lelah

Slonjor melepas lelah

Berlatar gunung Lima Jari

Berlatar gunung Lima Jari

Terbang

Terbang

Perempuan desa

Perempuan desa

Demikianlah  sekelumit catatan perjalanan saya berpetualang di Gunung Api Purba Nglanggeran, memang bukan tempat yang terkenal, bukan tempat yang menguras kocek dalam, bukan tempat yang dikunjungi banyak orang, dan orang bangga jika datang, tapi saya bangga  bisa ikut menikmati dan menghargai potensi daerah yang harus kita kembangkan dan pelihara bersama-sama.  Semoga temans semua yang mebacanya tertarik untuk berkunjung ke sana, tapi jangan lupa jaga kebersihan dan kelestarian alam ya…., ini ceritaku…apa  ceritamu …….🙂

 
Leave a comment

Posted by on 26 March 2013 in PERSONAL

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: