RSS

The Nine Golden Habits for Muslim

03 Sep

9 Kebiasaan Baik yang Harus Dikakukan oleh Umat Muslim

Kajian Ramadan yg lalu oleh dr.  Agus Taufiqurahman, M.Kes

Setiap muslim harus mempunyai amalan yang baik dalam kehidupannya, Syarat diterimanya amal ibadah itu harus Iklhas dan Mutaba’ah, ( karena ketinggalan penjelasannya ..akhirnya search arti mutaba’ah…he..he..) dan inilah hasilnya saya kutip dari
http://menggapaihusnulkhotimah.blogspot.com/2011/05/mutabaah-amal.html”

Kata mutaaba’ah berasal dari kata taaba’a. Kata ini memiliki beberapa pengertian. Di antaranya, tatabba’a (mengikuti) dan raaqaba’ (mengawasi). Dengan demikian, kata mutaaba’ah bererti pengikutan dan pengawasan. Yang dimaksud dengan mutaaba’ah sebenarnya adalah mengikuti dan mengawasi sebuah program agar berjalan sesuai dengan yang direncanakan.
Mutaba’ah amal merupakan satu perkara yang sangat penting dan perlu dititikberatkan dalam diri kita untuk meningkatkan kefahaman dalam islam, dan mendekatkan lagi diri pada pencipta. Walau sesibuk mana pun hari-hari kita harus berusaha menyusun masa sebaiknya supaya mutaba’ah amal kita dapt berjalan dengan baik.

jika amalan kita tidak ikhlas maka segala laporan amal kita di akhirat akan disebut dusta ( nah lho…nggak mau khan amal kita sia-sia…)
Untuk itu kita harus berilmu sebelum beramal, dan kewajiban setiap muslim yang baik adalah iman, ilmu, amal, ibadah.

Agar hal tersebut mudah kita capai, kita perlu menerapkan 9 Kebisaan yang harus kita lakukan bagi setiap muslim, dan kebiasaan itu diantaranya :

1. Tertib Shalat, baik sholat wajib maupun sunat, karena kelak amalan sholat lah yang pertama kali akan dihisab, dalam melaksanankan Sholat pun harus benar sesuai dengan tuntunannya.

2. Kebiasaan Berpuasa, baik puasa wajib di bulan Ramadhan maupun Sunat. Puasa akan membentuk dan menjaga Kesehatan Jasmani dan ruhani kita.

3. Kebiasaan Sodaqoh
dengan membiasakan diri bersodaqoh akan mengasah empati kita pada sesama, dan dengan memberi kita akan menjadi lebih bahagia hidupnya.

4. Kebiasaan berakhlak karimah
Sebaik-baik manusia adalah yang baik akhlaknya,dan akhlak yang baik akan kembali pada kita, siapa yang berbuat kejelekan akan kembali pada kita

5. Membaca Alquran
Mari kita jadikan Alquran sebagai sahabat kita, kelak alquran akan membantu sahabatnya di hari akhir.

6. Rajin membaca buku
Setiap hari luangkan waktu untuk bisa membaca buku.

7. Kebiasaan Mengaji dan Berada dalam Komunitas Orang Shaleh
Luangkan waktu untuk menghadiri pengajian dan bergaul dengan orang2 yang shaleh.

8. Kebiasaan berdakwah dan berorganisasi
Berdakwah tidak harus dengan ceramah dsb, tetapi dengan saling memotivasi dan mengajak orang berbuat baik juga termasuk dakwah. Berorganisasi akan memperkuat persatuan, untuk saling bekerjasama.

9. Harus berpikir positif dan murah senyum.

Mari kita berpikir positif, dengan berpikir positif melatih kita untuk selalu berprasangka baik pada Allah dan sesama manusia dan jadilah bripadi yang murah senyum, tapi bukan senyum yang hambar, bukan senyum sinis menghina, atau senyum yang menggoda. Rumus senyum yang baik adalah 2-2-5 penjelasannya tarik ujung bibir kanan 2 cm, ujung bibir kiri 2 cm tahan selama 5 detik, smile…..  :)    , tapi jangan senyum2 sendiri ya….he..he, marikita coba teman melakukan kebiasaanbaik…ayuuuuuk

 

Semoga bermanfaat

 
Leave a comment

Posted by on 3 September 2013 in PERSONAL

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: