RSS

AUDIT….OH AUDIT

18 Feb

Januari bulan kemarin, kegiatan perkantoran tempat saya bekerja sedang sibuk-sibuknya mempersiapkan Audit Internal. Kegiatan Audit Internal dilakukan secara berkala 3 bulan sekali. Sedangkan untuk Audit Eksternal 6 bulan sekali ( kalo tidak salah) he..he karena lupa sering banyaknya audit. Dulu, sebelum saya tahu apa pentingnya audit saya sering nggrundel….( astaghfirullah) hmm buat apa to audit ini itu, toh pekerjaan ini itu lancar-lancar saja. Smua selesai sesuai target. Itu yang terlintas dalam pikiran saya saat itu.

Berdasarkan pengertian, Audit atau pemeriksaan dalam arti luas bermakna evaluasi terhadap suatu organisasi, sistem, proses, atau produk. Audit dilaksanakan oleh pihak yang kompeten, objektif, dan tidak memihak, yang disebut auditor. Tujuannya adalah untuk melakukan verifikasi bahwa subjek dari audit telah diselesaikan atau berjalan sesuai dengan standar, regulasi, dan praktik yang telah disetujui dan diterima. ( Sumber Wikipedia Indonesia)

Secara garis besar audit semacam evaluasi, apakah organisasi bekerja sesuai prosedur atau tidak, terjadi penyimpangan dari standar yang ditetapkan atau tidak, berjalan sesuai dengan visi misi atau tidak, apabila semua berjalan dengan baik, sesuai standar operasional, sesuai dengan aturan maka tujuan organisasi akan tercapai sesuai yang diharapkan. Selama sibuk mempersiapkan audit, kadang saya merenung-renung ..hmm ternyata hal ini menuntut saya untuk tertib administrasi, tertib mengarsipkan dokumen-dokumen penting, tertib dalam memberikan pelayanan kepada para mahasiswa, pada saat diaudit saya harus bisa mempertanggungjawabkan semua di depan auditor. Terkadang Auditor sering menanyakan mana bukti ini mahasiswa sudah mengambil mata kuliah ini, apakah sudah memenuhi syarat mengambil mata kuliah,dsb. Ketika ada satu kejadian misal mahasiswa nilai berubah dari C menjadi B….maka auditor akan menanyakan kenapa nilai bisa berubah? berdasarkan apa? apakah karena kesalahan pemberian nilai , atau mahasiswa mengambil ulang matakuliah tsb, maka saya harus dapat memberikan bukti-bukti sesuai dengan fakta yang ada. Pada saat saya tidak bisa memberikan bukti tentu saya bisa diduga ceroboh, tidak sesuai prosedur, dsb. Mungkin bisa saja ketika saya tidak bisa memberikan bukti, saya berusa ngeles agar tidak dimarahi, atau tidak terlihat bersalah saya berusaha memanipulasi. Akan tetapi Alhamdulillah selama audit yang saya alami semua berjalan dengan baik dan saya bisa mempertanggungjawabkan dengan jujur.

Ya Allah…dalam hati saya merenung, ini baru di dunia, dihadapkan pada auditor yang statusnya adalah manusia ….manusia yang terkadang lupa dan khilaf. Mungkin kita masih bisa mengelak, mempertahankan argumen dengan berbagai alasan yang bisa membuat auditor percaya. Tak terbayang jika kita diakhirat nanti, kita tentu akan diaudit oleh malaikat-malaikat Allah, tentang apa yang kita kerjakan selama hidup dunia, untuk apa kita hidup, semuanya harus kita pertanggungjawabkan. Semua sudah tercatat dengan rinci…dari detik, menit, jam hari, dan tahun…semua terekam bagai CCTV..jelas…tidak ada sensor, tidak ada yang dimanipulasi, dan semua itu kelak kita harus pertanggungjawabkan. Subhanallah…..Ya Rab….Pelajaran bagi saya ketika saya harus berhati-hati dan harus tertib menjalankan pekerjaan saya…tentu saya harus lebih berhati-hati dan taat dengan standar dan aturan yang telah ditetapkan Allah…. Jika kita takut berhadapan dengan auditor tentu kita harus lebih takut jika diaudit di Yaumul Hisab nanti. Sungguh hidup ini hanya sementara..ibarat pekerjaan ketika selesai kita harus pertanggung jawabkan pada atasan..maka ketika hidup di dunia ini usai kita harus pertanggungjawabkan dihadapan Allah SWT.

Ya Allah, Astaghfirullah…..semoga hamba bukan termasuk manusia yang lalai, semoga Engkau selalu beri petunjuk padaku…

====================
Jogjakarta, 18 Rabiulakhir 1435 H
Istirahat Siang, selepas dhuhur

 
Leave a comment

Posted by on 18 February 2014 in LENTERA HATI, PERSONAL

 

Leave a Reply

 
